Minggu, 22 Agustus 2010

"Prasasti" si Bandeng

Minggu, 22 Agustus 2010
Sulit dibayangin dah anak kos kayak aku ini bisa makan makanan yang bergizi tapi tentunya murah (bahkan gratis). Sahur pake menu bandeng hasil tangkapan "Trio Plontos" (aku, Tejo and Wegan) kemaren yang dimasak dengan api panas sekitar 600 watt dengan bumbu ala enaknya aja itu, udah menggugah selera saya and tentunya tambah semangad puasa dong. Sekitar pukul 03.35 (walau agak kesiangan sih) aku and Tejo pun bangkit dari tempat peristirahatan kita. Bergegas menyantap rejeki yang telah diberikan.


Pematik kompor listrik (masih baru) di bagian tengah kamar ku itu aku putar ke kanan, ke bawah, n ke kanan lagi pada suhu 600 watt. Ya belom bisa masak ya pake "jurus coba-coba" deh. Nasi pun udah kami siapin ke piring sambil nungguin sayur ikan kecap kita tuh hanget.


5 menit kemudian...
Aroma good smell udah mulai membelai-belai idung pesek ku ini. Gak kuad nahan godaan si aroma, langsung deh tancap gas. Ready for Eat Sahur!
Aku dan Tejo ngambil masing2 satu potongan si bandeng sama bumbu kecapnya dikit. Buat sisanya pengennya aku bagiin ke anak2 kamar tetangga. Puasa2 jadi inget buat berbagi buat yang lain. Hehe


Dan musibah itu pun terjadi (mak duaaar !!). Sesaat sebelum aku nganterin sedekahku ke temen2, tak lupa aku ngincipi 1-2 sendok nasi putih nan bersih di piringku sama "secuil" si bandeng. Gak tau apa karna keburu-buru trus gak baca do'a, ternyata "Mas Bandeng" gak terima tuh kayaknya. Bak artis kuda lumping yang lagi makan kaca dan silet, serasa banyak duri yang masuk ke mulut ku. But I don't care n tetep ngunyah aja. Alhasil setelah aku telan, wuiiiih "Prasasti si Bandeng" pun tertancap erat di tenggorokanku yang lembut itu. Sakiiiit..


Biasanya kan tulang si Bandeng itu bisa bancur kalo dikunyah (itu bandeng presto tapi). Beda banget sama yang selama ini aku makan. Dibalik daging putih yang lembut dan tebal itu terdapat banyak ranjau yang siap meberikan kejutan. Sekarang baru tahu aku kenapa bandeng itu biasa di presto. (source : pengalaman pribadi)


Jadi gak enak dah sensasi sahur saat itu. Berharap "mas bandeng" mau ngelepasin durinya itu, segala daya dan upaya udah aku lakuin. Nelen nasi, minum air anget, kumur2, and sampe petualangan jari pun udah aku coba. Namun hasilnya tetep nol. Semakin bingung dan gelisah aja dah. Cuma ke Medical Center (MC) aja cara yang aku pikirkan. Ahirnya setelah sahur maut itu dan setelah shalat subuh aku nyoba buat nenangin diri dengan tidur. Zzzzz...


Pagi pun tiba, besar harapanku bisa sembuh jika aku ke MC dan tentu doa serta istighfar tak kunjung aku panjatkan. Astagfirullah! Tapi apa kata dimau, ini kan hari Minggu jadi MC ya libur juga. Sekali lagi Astagfirullah! "Luka-luka ku di tenggorokan. Bertubi-tubi cobaan yang Engkau berikan. Puasaku udah setengah jalan. Tapi aku balas senyum keindahan." =))


Puasa dengan duri ikan bandeng di tenggorokan yang bimbang gak mau masuk ato keluar aja bikin aku lebih ngerti arti puasa. Rasa sabar dengan cobaan dan keadaan yang kita jalani selama berpuasa sehari penuh itu merupakan latihan yang baik untuk pembentukan mental seseorang. Ya, walau kemaren sedikit banyak aku masih mengeluh, setidaknya pikiran positifku  bisa mengarahkan dan meyakinkan aku kalau Allah swt memberikan cobaan bagi hambanya sesuai kemampuannya. Jadi, just  do it! Hehe


Allahu akbar Allahu akbar. Gema adzan magrib menggema di seluruh bagian ITS (Surabaya) dan sekitarnya. Suasana buka bersama di Masjid Manarul Ilmi ITS terasa begitu hangat. Semua yang ada di sana begitu akrab dengan satu sama lain sambil menikmati segelas air putih dan kurma sebagai ta'jil. Segera shalat magrib ditunaikan dan diikuti dengan buka besar (dapet nasi bungkus).


Duri si bandeng masih terasa di leher ku. Aku udah pasrah dah dan memohon agar duri ini segera hilang. Sambil membuka nasi bungkus yang udah diberi, aku berniat mencoba tips yang aku dapet lewat internet. Aku gumpalkan nasi sebesar telor ayam, lalu aku telan langsung secara perlahan tak lupa berdo'a. Walau otak ku rasanya gak bisa ngerespon untuk nelan nasi tuh bulet2, tetep aja aku paksain. 1 gumpalan nasi udah tertelan, tapi rasanya duri bandeng itu masih sedikit terasa. Aku buat gumpalan kedua dan aku telan perlahan. Dan hasilnya?


Subhanallah.... Alhamdulillah... Terima kasih ya Allah. Engkau kabulkan do'a hamba ini di saat suasana berbuka puasa. Inilah kawan, "the Miracle of God". Sungguh, hari itu adalah hari yang tidak akan pernah kulupakan. 
Peace.. =)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar